Upaya Pemerintah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Penyandang Disabilitas

Pemerintah kini sedang menggalakkan kegiatan pemberdayaan penyandang disablitas. Hal ini berfungsi untuk memberi apresiasi terhadap penyandang disabilitas. Pemerintah ingin memberi bukti bahwa menjadi kaum disabilitas bukan berarti tidak mampu melakukan apa-apa dan hanya berpangku tangan serta mengandalkan belas kasihan orang.

/

Menjadi penyandang disabilitas tanpa melakukan apapun adalah hal yang tidak benar. Selama otak seseorang masih berfungsi dengan benar, maka ia bisa mengimbangi mereka yang memiliki kelengkapan fisik. Kini banyak perusahaan yang merekrut penyandang disabilitas, terutama yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Total pegawai penyandang disabilitas yang ideal adalah 1% dari total pegawai yang dimiliki perusahaan tersebut. Kesadaran perusahaan untuk memberi fasilitas bagi penyandang disabilitas juga mulai meningkat. Layanan khusus tersebut memudahkan ruang gerak disabilitas untuk tetap produktif selama di perusahaan.

Tidak hanya di perusahaan, kini banyak industri kreatif rumahan yang menggunakan tenaga penyandang disabilitas. Seperti membuat tas, membuat pernak-pernik gelang, dan semacamnya. Lapangan pekerjaan tersebut tidak begitu menyulitkan ruang gerak penyandang disabilitas. Mereka tetap mampu berfungsi dan berkegiatan dengan normal, bahkan tidak kalah dengan mereka yang masih normal. Ada banyak alasan mengapa penyandang disabilitas sebaiknya tidak dibiarkan terpuruk terlalu lama. Salah satunya agar otak seseorang tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Otak manusia tidak boleh dibiarkan menganggur begitu lama. Koneksi-koneksi di dalamnya harus tetap saling terjalin agar kemampuan berpikirnya tidak menurun. Jika kemampuan berpikir seseorang menurun, maka akan menurun pula kemampuannya untuk memecahkan masalah. Penyandang disabilitas dengan kemampuan berpikir menurun akan terus menganggap hidup mereka bermasalah tanpa mampu memecahkan masalah tersebut. Mereka akan lebih mudah emosi dan tidak menerima kenyataan. Hal inilah yang ingin diubah oleh pemerintah.

Momen Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember diharapkan menjadi pijakan untuk tetap berkarya dalam kondisi apapun. Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) juga masih berupaya untuk mewujudkan Indonesia Inklusi dan Ramah Disabilitas. Pemberian apresiasi terhadap perusahaan yang merekrut karyawan disabilitas berprestasi adalah salah satu dukungan dari pemerintah untuk mewujudkan upaya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *